Friday, January 18, 2013

Tips Memperbaiki touchpad laptop

Laptop merupakan komputer jinjing yang di buat khusus mempermudah kita dalam melakukan suatu kegiatan yang menggunakan komputer. Seringkali kita menhadapi masalah terhadap laptop kita dikarenakan kita tidak mengerti bagaimana cara merawat laptop kita, usia laptop juga tergantung bagaimana cara kita merawat laptop tersebut.

Tips Memperbaiki touchpad laptop part 1


  • Cek  driver touchpad telah terinstall dengan baik.
  • Jika driver telah terinstall, pastikan touchpad AKTIF. 
  • Jika masih belum jalan juga, coba update driver Touchpad anda.
  • Jika masih belom bisa berfungsi, cobalah boot menggunakan LIVE CD Linux. Umumnya, Live CD sudah menyertakan driver agar Touchpad bisa berfungsi normal.
  • Apabila touchpad pada Live CD tidak berfungsi, besar kemungkinan, touchpad rusak secara hardware. Silakan hubungi Service Center Notebook Anda.




Tips Memperbaiki touchpad laptop part 2
1. Lakukan proses troubleshooting

2. Pastikan touchpad tidak tersetting disable/ non aktif dari software touchpad bawaannya

3. Jika settingan touchpad sudah benar (aktif/on) di software touchpad bawaan dan touchpad masih belum bisa bekerja normal kembali, maka troubleshooting dilakukan ke tingkat kedua yaitu :
 hapus driver mouse/touchpad dari Device Manager dengan melakukan step berikut :
 masuk ke control panel --> system --> device manager. 
kemudian cari bagian mice and other pointing device --> klik simbol di sampingnya kemudian hapus driver yang bernama Synaptics PS/2 Port Touchpad dengan cara berikut :
arahkan pointer mouse di driver tsb --> klik kanan --> pilih delete.

4. Setelah melakukan delete driver, restart kembali laptop anda agar driver touchpad tsb bisa refresh kembali dengan cara automatic install waktu os windowsnya up kembali.

No comments:

Post a Comment